Wednesday Morning, 3 A.M

Lagu asli dari Paul Simon, yang dengan penuh kasih memperhatikan kekasihnya tidur, memperhatikan rambutnya, napasnya, kehangatannya. Saya kemudian menyadari bahwa ia akan menyimpan detail ini dengan baik karena ia akan pergi ketika matahari terbit. Karena dia telah merampok sebuah toko minuman keras dan sedang diburu. Dia mengungkapkan penyesalan atas tindakan bodohnya dan mungkin akan menyerahkan diri di pagi harinya, Tapi sebelum itu, dia hanya ingin menghargai satu malam terakhir dengan kekasihnya.

Seorang pria yang pikirannya terpecah ke tiga arah. Salah satunya adalah menikmati saat singkat kedamaian yang dia miliki sekarang; mencoba mencari tahu mengapa dia melakukan apa yang sudah ia lakukan; dan merencanakan langkah selanjutnya: bagaimana ia “pergi”.

“A scene badly written in which I must play.”

Ketika saya pertama kali mendengar lagu ini, saya langsung teringat adegan Romeo & Juliet, di mana Romeo harus meninggalkan tempat tidur Juliet pada pagi hari karena dia telah dibuang karena membunuh Tybalt. Sepertinya situasi yang sama sehingga saya bertanya-tanya apakah memang referensinya dari situ.

Terutama ketika berbicara tentang “A scene badly written in which I must play”. Ini memang situasi yang mengerikan dan tidak nyata, dan lagunya adalah alegori membuat saya merinding saat pertama mendengarnya.

“Oh, what have I done, why have I done it?”

Pada akhirnya, Paul Simon bersimpati pada penjahat yang ia ciptakan. Masyarakat harus disalahkan karena mempunyai pikiran seperti itu: tanpa pekerjaan, menyisakan satu-satunya pilihan yang bisa dibilang tindakan putus asa—pencurian. Paul Simon juga mencoba untuk membuat penjahat yang ia ciptakan memikirkan tindakannya sendiri, membuat ia merasakan “Bagaimana bisa saya melakukan hal seperti itu?” dan/atau “Saya tidak akan pernah bisa melakukan hal seperti itu!”

Pendengar dibiarkan dengan penyesalan yang sama besar seperti penjahat yang memilih tindakannya sendiri. Sebelumnya, dia tidak punya uang, tetapi dia memiliki cinta dalam hidupnya. Sekarang, dia hampir tidak punya cukup uang untuk naik bus ke luar kota, dan dia harus meninggalkan semua yang dia sayangi.

Saya pikir lagu ini adalah alegori untuk setiap kali saya melakukan sesuatu yang seharusnya tidak saya lakukan (atau sebaliknya), atau untuk alasan lain apa pun yang mungkin tidak saya inginkan besok. Tapi sementara matahari masih tersembunyi, dan “… she lies here beside me. Asleep with the night”. Kesedihan tidak bisa menyentuhku.

"Yet I know as I gaze
At my young love beside me,
The morning is just a few hours away.”

I’m a terrible liar. Or maybe it’s just a lie and I’m just really good at it.

I’m a terrible liar. Or maybe it’s just a lie and I’m just really good at it.